Rabu, 15 Mei 2013

"SEJARAH TURUNNYA AYAT KURSI DAN KEISTIMEWAANNYA­"



- AYAT KURSI ADALAH AYAT PALING MULIA DALAM AL-QUR'AN.

Ayat Kursi ini diturunkan pada suatu malam setelah Rasulullah SAW Hijrah dari kota Makkah ke kota Madinah. Ayat Kursi ini diantarkan oleh beribu-ribu Malaikat.

Dalam hati tentu kita bertanya-tanya.­ Kenapa Ayat Kursi ini sampai diantarkan beribu-ribu Malaikat? Seberapa istimewa sebenarnya Ayat Kursi ini?

Jawabannya tiada lain karena Ayat ini adalah Ayat paling Mulia yang ada didalam Al-Qur'an. Sehingga para Malaikat pun ikut mengiringi turunnya Ayat ini atas perintah langsung dari Allah SWT.

Karena begitu Agungnya Ayat Kursi ini, sampai-sampai golongan Iblis dan Setanpun begitu gempar serta khawatir karena menganggap Ayat ini adalah sebagai penghalang bagi mereka dalam usahanya untuk menggoda dan menjerumuskan ummat manusia kedalam jurang kenistaan.

Begitu Ayat Kursi ini diterima Rasulullah SAW, maka Beliau segera memerintahkan Zaid bin Tsabit (Sekretaris Nabi) untuk segera mencatat Ayat Kursi ini dan dperintahkan untuk segera menyebarkannya seluruh ummat. Agar secepatnya bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari mengingat betapa besarnya keistimewaan-ke­istimewaan Ayat Kursi ini.

Berikut tulisan (Latin) lengkap Ayat Kursi :

"ALLAAHU LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU. LAA TA'KHUDZUHU SINATUN WALAA NAUMU. LAHU MAA FIS SAMAAWAATI WAMAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASYFA'U 'INDAHU ILLAA BI IDZNIHI. YA'LAMU MA BAINA AIDIIHIM WAMAA KHALFAHUM WALAA YUHIITHUUNA BISYAI IN MIN 'ILMIHI ILLAA BI MAASYAA'. WASI'A KURSIYYUHUS SAMAAWAATI WAL ARDHA. WALAA YA UUDUHU HIFDHUHUMAA WAHUWAL 'ALIYYUL 'ADHIIM."

Artinya : "Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal. Lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. Tidak pernah ngantuk dan tidak pernah tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa seizin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang ada di depan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya­. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." (Q.S. Al-Baqarah 255)

Ayat Kursi adalah Ayat yang paling Mulia didalam Al-Qur'an sebagaimana disebut dalam Hadits Rasulullah SAW :

"Dari Ubay bin Ka'ab, bahwa Rasulullah SAW pernah bertanya kepadanya :
"Ayat apakah yang paling agung di dalam Kitabullah (Al-Qur'an)?"
"Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." sahut Ubay bin Ka'ab.
Maka Rasulullah SAW terus mengulang-ulang­ pertanyaan tersebut.
Dan akhirnya Ubay bin Ka'ab menjawab,"Ayat Kursi."
Kemudian Rasulullah SAW bersabda,"Engka­u akan dilelahkan oleh ilmu wahai Abu Mundzir (sebutan Rasulullah kepada Ubay). Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sesungguhnya Ayat Kursi itu mempunyai satu lidah dan dua bibir yang selalu mensucikan Al-Malik (Allah) di sisi tiang 'Arsy." (HR. Ahmad)]]

BEBERAPA KEISTIMEWAAN AYAT KURSI

- MENDAPAT PENJAGAAN DARI ALLAH SWT.

Rasulullah SAW Bersabda : "Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi menjelang tidur, maka Allah SWT akan mengirim (mengutus) Malaikat untuk menjaganya sampai pagi. Dan setan tidak akan mendekatinya (mengganggu) sampai pagi hari." (H.R. Bukhari)

- MENDAPAT JAMINAN MASUK SURGA.

Dalam Hadits lain Rasulullah SAW juga Bersabda : "Barangsiapa membaca Ayat Kursi setiap selesai Shalat Wajib, maka tak ada penghalang baginya untuk masuk surga selain kematian." (H.R. Thabrani - Nasa'i)

SubhanAllah..

1 komentar: