Kamis, 25 April 2013

NYEBRANG GA PAKE MATA



Seusai memimpin acara yasinan yang rutin dilaksanakan tiap malam jum'at di Masjid Raya. Kyai Sodron bergegas pulang. Setelah keluar dari gerbang Masjid, di tepi jalan ada mobil yang hendak menyrempet beliau. Alhamdulillah, Allah masih memberi keselamatan, namun demikian Kyai Sodron sempat kaget dan reflek mengucap kalimah istirja'.

"Inna lillaahi wa inna ilaihi rooji'uun," Kyai Sodron tampak heran melihat mobil yang hendak menabraknya itu ternyata melaju dengan oleng ke kanan dan ke kiri.

"Masya Alloh, jangan jangan ngantuk tuh sopir, paringono slamet si sopir, Ya Alloh (berilah keselamatan untuk si sopir, Ya Alloh.)"

Tiba tiba, "Bruuuaaaakk.....!!!"

Baru saja Kyai Sodron selesai mendoakan si sopir dalam hati, eh beliau kembali dikejutkan oleh suara benturan yang cukup keras.

Ternyata mobil yang barusan hendak menyerempet Kyai Sodron menabrak sebuah pohon mahoni ditepi jalan. Karena malam jalan sudah sepi dan juga sebab kasihan. Kiyai Sodron pun bergegas hendak menolong si sopir korban kecelakaan.

Pintu mobil pun dibuka Kiyai Sodron dari luar. Tampak seorang lelaki muda yang setengah pingsan.

Kiyai Sodron : (sambil mengguncang guncang bahu pemuda) "Mas..Mas... Bangun Mas. Mas tidak papa?"

Pemuda : "Oh ya, trima kasih Pak. Saya baik baik saja. Hanya sedikit pusing karena benturan."

Ketika pemuda itu berbicara, aroma khas alkhohol pun menyebar begitu menyengat dari mulutnya.

Kiyai Sodron : "Wah, kamu pasti mabok ya? Pantesan nyupir ga bener."

Pemuda : "Saya ga mabok, Pak. Suerr."

Kiyai Sodron : "Ah, bohong kamu. Kamu pasti mabok. Ini saya mencium bau alkhohol kok. Kamu pasti habis minum khamer."

Pemuda : "Sumprit, Pak. Saya ga mabok. Ciyus, enelan." (maksudnya "serius, beneran")

Kiyai Sodron : "Kalau ga mabok kenapa bisa nabrak pohon segala?"

Pemuda : "Duh, kenapa saya yang disalahkan sih, Pak? Salahkan pohonnya dong. NYEBRANG GA PAKE MATA. Ga lihat lihat dulu kanan kiri."

Kiyai Sodron : "*&^#%@*)@(&#^"

--0o0o0--

Nah, kan... Inilah dampak buruk dari minum khamer. Dapat menghilangkan akal bagi siapapun termasuk manusia terpandai didunia pun jika ia minum khamer maka hilanglah akal sehatnya. Oleh karena itu Islam telah mengharamkannya. Bagi pembuat, penjual, peminum dan yang membelikannya. Semua sama sama berdosa.

Dalam sebuah firman Allah subhanahu wata'ala pun sudah jelas jelas menyuruh kita untuk menjauhinya :
"Wahai orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, judi, berkurban untuk berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan perbuatan itu agar kamu beruntung." (QS. Al Maa'idah : 90)

Wallaahu a'lam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar