Sabtu, 16 Maret 2013

Jangan Salah Berbicara

"Coba tebaak ... apa yang seharusnya diucapkan ketika tersandung ato terpeleset? ada haditsnya lho "

Jawaban dari teman-teman saya bermacam-macam, ada yang astaghfirullah, innalillah, dan lain-lain .. Ada satu jawaban yang benar yaitu bismillah, dari teman saya-Inta-yang sekarang sedang mukim di Riyadh. Dia bilang, orang-orang Saudi apa-apa bilang bismillah. Dia tadinya heran, entah kejedot, kesandung mereka bilang bismillah, berbeda dengan orang Indonesia yang bilang astaghfirullah / innalillah ..

Saya lalu sampaikan satu hadist yang menjadi dasar untuk ucapan tersebut, yang lengkapnya sebagai berikut:

Dalam hadits Abul Malih, dari seorang shohabat yang sedang boncengan sama Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam :

كنت رديف النبي صلى الله عليه وسلم فعثرت دابة فقلت تعس الشيطان فقال لا تقل تعس الشيطان فإنك إذا قلت ذلك تعاظم حتى يكون مثل البيت ويقول بقوتي ولكن قل بسم الله فإنك إذا قلت ذلك تصاغر حتى يكون مثل الذباب

"Aku pernah boncengan bersama Nabi shollallohu alaihi wa sallam , lalu hewan tunggangan kami tersandung, akupun mengatakan: " celakalah setan! ". Maka Nabi shollallohu alaihi wa sallam berkata kepadaku: "jangan engkau katakan: ' celakalah setan ', karena jika engkau mengucapkan itu maka setan itu akan semakin besar hingga besarnya seperti sebuah rumah dan setan akan berkata:' ini terjadi karena kekuatanku ', akan tetapi katakanlah : ' bismillah ' , karena jika engkau mengucapkan itu, setan akan mengecil sampai seperti lalat. "

#Lautan Air Mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar